Sabtu, 05 Juni 2010

Cinta itu ...

"Lo tahu ,, gak ?? Cinta itu sendiri terdiri dari bermacam- macam komponen.Menurut Profesor Sternberg ,, komponen-komponen cinta adalah birahi ,, keintiman ,, dan komitmen ..
Birahi adalah bagian dari cinta yang sangat kuat dan pekat .. Muncul birahi cepet banget dan dinyatakan dalam bentuk sentuhan .. Ciuman ,, palukan ,, dan persetubuhan .. Birahi itu kayak narkoba , sesuatu yang bikin ketagihan dan dipuaskan dengan cepat ..
Keintiman adalah unsur emosional dari cainta yang dibagi lagi dari sub-sub unsur seperti :
- saling dekat
- saling berbagi rasa dan penghayatan
- komunikasi
- dukungan
Jika hubungan tidak berjalan dalam jangka waktu panjang ,, keintiman akan layu dan mati ..
Komitmen adalah kepentingan dan pelibatan diri kita dari seseorang untuk pasangan ,, komitmen dinyatakan dengan perkawinan .. terus lo bareng-bareng deh nerusin hubungan ini melewati masa-masa senang dan susah ..

Komponen cinta tadi itu membentuk kombinasi kombinasi yang berbeda .. Kombinsai itu bardasarkan jenis hubungannya ,, seperti barikut :

- Sayang
Banyak persahabatan didasarkan pada peasaan sayang yang mempunyai unsur closeness dan kehangatan .. Hubungan persahabatan mengandung unsur keintiman ,, tetapi tidak mengandung birahi atau komitmen ..
- Cinta Buta
Jenis cinta ini mengandung birahi .. Umumnya ,, cinta lewat pandangan pertama tergolong dalam cinta jenis ini .. Jadi ,, lo gak usah deh kelewat bangga kalo lo jatuh cinta pada pandangan pertama .. Cinta buta nggak mengandung keintiman atau komitmen ..
- Cinta Kosong
Adalah cinta yang dibangun dengan unsur komitmen ,, tetapi nggak ada keintiman dan birahi .. hal itu sering terjadi pada udah menikah bertahun-tahun trus bosen ,, dan kehilangan birahi antara yang satu terhadap yang lainnya .. mereka sekedar berkomitmen untuk tinggal banreng ..
- Cinta Romantis
Yang ini beda banget dengan cinta buta .. kedua pasangan betul-betul saling sayang dan saling memiliki birahi .. Jadi ,, ada keintiman dan birahi ,, tetapi gak terikat untuk hidup bareng ..
- Cinta Lampias
Pasangan yang baru kenalan dan saling tertarik ,, lalu langsung merit biasa tergolong dalam cinta ini . Mereka melibatkan birahi dan komitmen .. Tetapi mereka mungkin nggak pernah mengembangkan sharing yang mendasari keintiman .. Pernikahan dina anak-anak ABG banyak yang tergolong dalam kategori ini ..
- Cinta Lengkap
Setiap orangg mendabakan cinta ini .. Hany cinta yang lengkap yang mencangkup semuanya : birahi ,, keintiman ,, dan komitmen ..

1 komentar: